Follow by Email

Thursday, August 11, 2011

Lagi Rahsia Basmallah..kupasan mendalam

Assalamu'alaikum w.w.t

Sesungguhnya Al Qur’an itu diringkas menjadi Al Fatihah,
Al Fatihah kemudian diringkas menjadi BASMALLAH,
Basmallah kemudian diringkas menjadi lafad ALLAH,
Lafad Allah diringkas menjadi TASYDID di atas huruf LAM AKHIR,
Tasydid (trisula, titik tiga) diringkas menjadi ALIF,
Alif hakikatnya adalah TITIK HURUF BA dalam Basmallah.
Tasydid yang berbentuk seperti trisula atau disebut juga sebagai titik tiga di atas huruf Lam Akhir adalah merupakan simbolisasi Tri Tunggal dari konsep tanuzzulat, mulai dari : Ahadiiyyah, Wahdah dan Wahidiiyyah sebagai penjabaran dari Alif Lam Mim : ALLAH, NUR MUHAMMAD, INSAN (ADAM), atau Allah, Utusan Allah,dan Muhammad ( insan, hamba). Allah, Alam Semesta dan Manusia yang akhirnya akan kembali lagi kepada ALLAH (ALIF) … lautan Ahadiiyyah … yang tenang dan tenteram, yang luas tanpa batas….
Sebagai Alif, apabila ditempatkan dimanapun, baik di depan, di tengah maupun di belakang, dia akan tetap tegak, tetap ajeg, sebagai gambaran keimanan seseorang yang telah mencapai pencerahan jiwa, dia akan tetap konsisten, istiqomah, dia tidak peduli akan kedudukan duniawi. Dia telah menemukan jati dirinya sebagai seorang hamba dengan segala kelemahannya serta tidak memiliki daya apapun kecuali hanya Allah Yang Maha Kuasa atas segalanya. Dia sudah tenggelam dalam Tuhan.
Hakikat atau esensi Alif adalah titik, sebagaimana titik huruf Ba dalam BASMALLAH. Titik ini merupakan titik cahaya pertama ( Nur Muhammad ) setelah Allah dengan Kudrat dan Iradatnya serta melalui sifat kalamnya bersabda : KUN (JADILAH) maka FAYAKUN (JADILAH). Dari satu titik menjadi banyak titik, menjadi alam semesta serta seluruh ciptaan-Nya :
ALAM TARO ILLAA ROBBIKA KAIFA MADDAZHZHILLA : APAKAH KAMU TIDAK MEMPERHATIKAN TUHAN MEMANJANGKAN BAYANG-BAYANGNYA. (AL FURQON 25 : 36).
Oleh karena itu bila kita ingin mengenal Allah atau ingin mengenal sesama makhluk Allah, mulailah melakukan pendekatan dengan Basmallah, yang essensinya atau hakikatnya adalah Rahman dan Rahim. Kasih Sayang adalah rahasia Allah. Kasih Sayang adalah Allah. Bila kita ingin mengerti dan ingin menghayati makna Basmallah atau rahasia Kasih Sayang Allah, maka pelajarilah Al Fatihah. Bila kita ingin mengetahui dan ingin memahami Al Fatihah, maka pelajarilah serta hayatilah Al Qur’an; minimal mengerti makna terjemahan secara harfiahnya.
Bila kita mengerti makna harfiahnya dari Al Qur’an, maka secara minimal ada 4 pelajaran yang bisa kita peroleh dan kita hayati, yaitu :
1. PERINTAH DAN LARANGAN,
2. RIWAYAT PARA ROSUL,
3. PERINTAH BERFIKIR ATAU BERIJTIHAD
4. JIHAD FI SABILILLAH.

Perintah dan larangan Allah adalah merupakan norma-norma dalam kehidupan atau etika kita bermasyarakat termasuk tata cara kita beribadah kepada Allah, sehingga tercipta suatu peradaban masyarakat yang madani.
Riwayat para Rasul terutama Muhammad SAW adalah merupakan suri tauladan bagi kita semua agar lebih mantap dalam beribadah kepada Allah, bagaimana melaksanakan perintah Allah serta bagaimana menghindarkan larangan-Nya. Kemudian perintah Allah agar kita berfikir, berfikir dan berfikir, agar kita mempunyai keyakinan yang mandiri, agar kita berijtihad, bukan kata orang lain, katanya dan katanya seperti orang buta hanya sekedar mendengar pendapat orang lain, belum pernah merasakan dan membuktikan sendiri. Bila kita mempunyai kayakinan yang mandiri tentang Allah, maka kita bisa melaksanakan jihad fi sabilillah, berjuang di jalan Allah dengan mantap tanpa keraguan sedikitpun. Hakikat dari jihad fi sabilillah adalah KEIKHLASAN… Ternyata keikhlasan ini merupakan penjabaran dari RAHMAN DAN RAHIM dalam kalimah Basmallah yang harus kita realisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi ajaran Al Qur’an itu diawali dan diakhiri dengan Basmallah. Setiap kita hendak melakukan sesuatu awalilah dengan basmallah, dengan kasih sayang, kesabaran dan keikhlasan yang tulus dengan tujuan untuk memberi rahmat kepada seluruh alam semesta, niscaya Allah pun akan melimpahkan kasih sayang-Nya kepada kita … Bila hablumminanas kita baik maka hablumminallah kita pun akan baik juga…
JADI KITA DIBERI TUGAS SEBAGAI KHALIFAH DAN SEBAGAI WALI ALLAH DI MUKA BUMI DIAWALI DENGAN BASMALLAH UNTUK MEMBERI RAHMAT BAGI SELURUH ALAM SEMESTA DENGAN KASIH SAYANG YANG TULUS DAN MURNI, BUKAN DENGAN KEKERASAN…!!!
Oleh karena itu ilmu yang kita pelajari cukup BASMALLAH saja … !!!

No comments:

Post a Comment